There was an error in this gadget

Smartfren Telecom

PT Smartfren Telecom Tbk atau disingkat Smartfren (dahulu PT Mobile-8 Telecom Tbk atau disingkat Mobile-8) (IDX: FREN) adalah perusahaan operator seluler berbasis CDMA 800 MHz di Indonesia yang didirikan pada bulan Desember 2002. Smartfren memiliki produk layanan seluler dengan nama pasar Fren yang diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2003 dan layanan fixed wireless access dengan merk Hepi yang diluncurkan pada periode semester I 2008. Saat ini layanan Fren sudah dapat dinikmati di seluruh Indonesia. Smartfren merupakan induk perusahaan PT Smart Telecom.

Awalnya mayoritas saham PT Mobile-8 Telecom dimiliki oleh kelompok Bhakti Investama melalui PT Global Mediacom, yaitu sebesar 66,81% atau 13,519 miliar saham dari total 20,235 miliar saham Perseroan. Melalui serangkaian transaksi, Global Mediacom menjual kepemilikannya secara bertahap kepada beberapa perusahaan, terakhir pada tanggal 11 November 2009 yang menghabiskan seluruh kepemilikan sahamnya di Mobile-8. Setelah pelepasan tersebut, mayoritas kepemilikan saham Mobile-8 dikuasai oleh Grup Sinar Mas yang sebelumnya juga telah memiliki PT Smart Telecom.

Pada 3 Maret 2010, Mobile-8 bersama dengan Smart Telecom kemudian bersinergi menciptakan merek dagang baru bernama SmartFren. Sinergi bisnis ini mencakup sinergi operasi atas aktivitas penjualan dan pemasaran, aktivitas pelayanan kepada pelanggan, pemanfaatan jaringan bandwith bersama, pemanfaatan BTS bersama (co-location) serta sinergi SDM. Sinergi tersebut dilanjutkan dengan akuisisi atas 99,9% saham Smart Telecom oleh Mobile-8 pada 18 Januari 2011. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang diselenggarakan pada 23 Maret 2011, nama perusahaan kemudian diubah menjadi PT Smartfren Telecom Tbk

0 comments:

Post a Comment